Senin, 03 Maret 2014

Posted by wirastanto | File under :
Apa anda sudah mengetahui kehebatan Hyundai Santa Fe? Jika anda sudah mencoba mengendarai new santa fe 2013 ini, dijamin anda akan betah dimobil ini.

Menurut AutoCar - Rasa terkejut tidak dapat kami tutupi saat Hyundai Mobil Indonesia (HMI) memperkenalkan All New Hyundai Santa Fe. “Hebat ya, betapa Hyundai sudah melakukan lompatan dari segi desain,” tutur rekan kami yang menyaksikan peluncuran mobil ini di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, September lalu.
Harga Hyundai Santa Fe 201


Tapi, ia belum lengkap menganalisis. Bukan hanya desain yang berubah total dari perusahaan permobilan Korea itu. Sektor teknis Hyundai Santa Fe justru adalah hal yang paling signifikan perubahannya.

Mungkin sebelumnya, anda melihat model hyundai terlihat kurang menarik dengan fiture tidak terlalu spesial.

Tapi, itu kejadian “kemarin”. Hyundai Santa Fe terbaru kini justru hadir dengan mesin diesel di pasar Negeri Batik. Dan hanya itu pilihan mesinnya. Dibanderol Rp 461 juta, SUV ini mampu menampung tujuh penumpang. Itu adalah kejutan berikutnya karena dibanding rival sekelasnya yang mampu menampung tujuh penumpang, Hyundai Santa Fe adalah yang paling mahal. Tidak biasanya banderol Hyundai lebih mahal dari Toyota atau Mitsubishi.

Desain & Rekayasa Hyundai santa fe

Parasnya mengundang perhatian Anda, bukan? Santa Fe adalah hasil terbaru dari tema desain Fluidic Sculpture, dimana bentuk mobil seolah ditempa oleh aliran udara/air, dan menghasilkan desain yang membuat mobil selalu bergerak bahkan saat sedang diam sekalipun. Grille depan dibuat seolah menyatu dengan desain moncongnya secara alami, dan menyuguhkan pemandangan yang bagus saat dilihat dari kaca spion mobil Anda.

Selebihnya seperti desain Hyundai lainnya, body diimbuhi garis desain yang tegas yang disebut 'Storm Edge', mulai dari belakang sepatbor depan hingga ke belakang. Desain headlight juga tampak tegas, dan sudah dilengkapi dengan Xenon HID projector lamp berbentuk kotak. Lampu belakang juga berdesain tajam, lengkap dengan teknologi LED. Tambahan menarik lainnya adalah panoramic roof yang membentang dari depan hingga ke belakang.

Hyundai mendesain Santa Fe dengan panjang 4.650 mm. Lebar mobil dipangkas sekitar 10 mm, dan kini lebih rendah 108 mm. Perubahan dimensi ini membuat Santa Fe semakin dinamis, setidaknya itulah yang diklaim oleh Hyundai. Apakah ini membuat Santa Fe berpindah dari SUV soft roader ke SUV cross over? Tidak juga (lihat komparasi). Santa Fe lebih bisa dibilang memiliki desain yang lebih dewasa dan mampu menyesuaikan dengan kebutuhan pasar modern.

Sebagai sebuah produk global yang dipasarkan di seantero dunia, dan dengan berdiri diatas platform monokok yang sama dengan Hyundai Sonata, desainer dan engginir Hyundai mendesain agar body dan rangkanya 15 persen lebih rigid dibanding generasi sebelumnya. Untuk menopang pergerakannya di jalanan, suspensi depan dipasangkan model MacPherson strut didepan dengan Multi-link di bagian belakang.

Mesin yang diusung adalah berasal dari keluarga Hyundai R Engine yang berkapsitas 2,2 liter CRDi (diesel), empat silinder dan dilengkapi turbocharge berteknologi VGT (variable geometry turbo). Hal yang terkahir itu, menjamin ketersediaan dorongan turbo sejak putaran rendah. Mesin beroperasi berdasarkan injektor common rail buatan Bosch yang akan menyemprotkan bahan bakar bertekanan hingga 1.800 bar. Blok mesin dibuat dari bahan baku alumunium, plus plastik di beberapa bagian (intake manifold dan rumah oil filter) untuk menekan bobot.

Tenaga hyundai santa fe 2013 ini terbilang fenomenal untuk sebuah mobil keluarga dengan tujuh tempat duduk bermesin diesel. 198 hp dan torsi sebesar 445 Nm siap dilontarkan ke roda depan dengan velg 19 inci, melalui transmisi otomatis yang dilengkapi dengan manual mode, dan memiliki enam tingkat percepatan.

Meskipun diesel, Posisi mesin hyundai santa fe yang jauh di depan serta peredam pada firewall yang cukup tebal, membuat kesenyapan kabin tetap terjaga. Selain itu, engine mounting dan balancer shaft yang diletakan rendah juga mampu mengeliminir getaran yang biasanya muncul dari mesin diesel.

Interior Hyundai Santa Fe

Saat pertama melihat interiornya, terutama di bagian dashboard, beragam pendapat pun bermunculan dari tim road test kali ini. Ada yang suka, ada yang bilang terlalu kompleks, tapi semua sepakat desain interior Santa Fe patut diacungi jempol. Mulai dari desain yang modern, hingga pemilihan material yang berkualitas. Kalaupun ada beberapa material plastik yang terasa murah, Hyundai menutupinya dengan aksen yang terlihat mewah.

Penataan kursinya juga terasa tanpa basa-basi. Tujuh orang dewasa bisa duduk dengan nyaman diatas kursi yang berlapis kulit. Dengan leg room yang lega untuk mereka yang duduk di baris kedua dan ketiga, perjalanan panjang tidak akan melelahkan. Selain itu, bagasi juga terasa mumpuni denagn panjang 113 cm, lebar 105 cm, dan tinggi 78 cm saat bangku baris ketiga ditidurkan. Panjang bagasi melonjak hingga dua meter saat kursi baris kedua juga dilipat.

Desain dan tatanan dashboard hyundai santa fe, seperti dikatakan tadi mengundang sedikit perdebatan diantara kami. Desainnya tampak futuristik dengan penataan tombol yang cukup ergonomis. Lingkar kemudi yang nyaman digenggam telah dilenkapi dengan tombol pembantu pengaturan audio serta pengatur cruise control yang cukup mudah dioperasikan. Di sebelah kanan, terdapat tombol ECO, yang jujur saja, kami tidak dapat merasakan bedanya saat dinyalakan dan mobil dikendarai.

Tempat penyimpanan cukup banyak dengan tersebar mulai dari depan hingga ke paling belakang. Sayang, untuk urusan safety, selain body yang tentunya telah diperkuat, hanya ada tambahan dua airbag untuk penumpang depan saja. Meski demikian, mobil ini meraih lima bintang dari lembaga EuroNCAP.

Performa Hyundai Santa Fe

Disinilah Hyundai Santa Fe berjaya. Meski bobotnya berada di kisaran dua ton, tapi tingkahnya seperti anak kecil yang lincah dan enerjik. Torsi 445 Nm akan membuat sensasi sendiri bagi pengemudi dan penumpangnya. Kami pun kembali dikejutkan dengan angka waktu akselerasi 0-100 kpj yang berada dibawah 10 detik.

Torsinya yang besar, membuat Santa Fe terasa mudah untuk diajak 'kerja sama'. Contohnya, untuk mulai melaju cepat dari keadaan diam, tidak perlu terlalu bersemangat menginjak pedal gas. Cukup tekan hingga setengah, tahan sedikit, kemudian Santa Fe akan menghibur Anda dengan dorongan yang kuat. Dan jangan lupakan efek torque steer, jadi pegang kemudi dengan sebaik-baiknya.

Transmisi 6-speed dengan torque converter biasa akan menyalurkan tenaga melalui pilihan gigi yang tepat saat sedang dilecut. Untuk kemudian memberikan rasa tenang saat mulai diajak menjelajah pada kecepatan yang konstan. Saat kick down, responnya meski biasa saja tapi akurat, dan tidak akan membuat Anda terkaget-kaget mesin meraung karena perpindahan ke gigi rendah yang berlebihan.

Pengendaraan & Pengendalian di Hyundai Santa Fe

Meski bermodalkan mesin diesel, namun Hyundai Santa Fe 2013 ini mampu memberikan ketenangan dan keheningan saat dikendarai. Bahkan saat stasioner pun, suara mesinnya terdengar minim, baik di dalam maupun diluar kabin.

Desain luarnya yang berkesan dinamis, juga merambah hingga ke pengendaraan. Selama berkendara santai, hyundai Santa Fe akan terasa nyaman dan memenuhi kodratnya sebagai mobil yang efektif dan efisien untuk penggunaan sehari-hari, baik di dalam atau di luar kota. Jalanan ibukota dan sekitarnya yang tidak terlalu mulus dapat diredam dengan baik di kecepatan rendah hingga menengah.

Pada kecepatan yang lebih tinggi, suara artikulasi ban akan mulai terdengar saat melaju melewati angka 80 kpj, meski untuk ukuran sebuah mobil dengan velg 19 dan ban berprofil tipis, suaranya tidak terlalu mengganggu. Ban tipis jugalah yang membuat pengendaraan terasa kasar, terutama saat dihadapkan pada jalanan luar kota non-tol yang keriting.

Pengendalian dengan bantuan power steering hidraulis terasa menyenangkan dan netral. Stir mampu mengkomunikasikan apa yang dialami oleh roda saat melaju atau bermanuver. Tapi seperti yang dibilang tadi, efek torque steer (gejala menarik ke satu sisi saat berakselerasi karena lontaran tenaga ke roda depan), yang menjadi ciri khas kendaraan gerak depan cukup terasa.

Bodynya yang rendah membuat gejala limbung minim meskipun tidak hilang sama sekali. Namun keakuratan kendali yang disuguhkan patut diacungi jempol. Inilah nilai tambah dari penggunaan ban bertapak lebar (235). Pendek kata, Santa Fe cukup unggul di bidang ini. Hyundai sukses mempertahankan gelar Santa Fe sebagai mobil keluarga yang nyaman.

Membeli & Memiliki

Akhirnya kami maklum kalau Santa fe dibanderol setinggi itu. Melihat fitur dan teknologi yang dikandungnya, serta kemampuan teknisnya, wajar bila HMI percaya diri dengan harga yang lebih tinggi dibanding kompetitornya.

Toh, setelah memilikinya, Anda akan dimanjakan oleh konsumsi bahan bakar solar yang efisien, meski HMI menyarankan untuk menggunakan bahan bakar diesel non-subsidi. Konsumsi bahan bakar selama pengujian berlangsung tercatat 12,5 kpl untuk pemakaian luar kota, dan 7,1 kpl untuk pemakaian di dalam kota. Angka yang bagus untuk SUV yang cukup berat.

Kalau itu belum bisa meyakinkan Anda, HMI memberikan garansi selama tiga tahun (atau 100.000 km, mana yang tercapai lebih dulu). Bahkan mereka juga memberikan buy back guarantee selama tiga tahun. After sale Hyundai sangat menjanjikan, jaringan service sudah ada di setiap daerah.

Tunggu Apa lagi

0 komentar:

Posting Komentar